Profil KB & TKIT Daarul Qiro'ah

Diposting oleh TKIT DAARUL QIRO'AH Sabtu, Juni 13, 2009 0 komentar
Perkembangan dan perubahan yang terjadi dalam kehidupan bermasyarakat, yang tidak terlepas dari pengaruh perubahan global, serta perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta seni dan budaya. Untuk itu perlu penyiapan sumber daya manusia sejak usia dini yang berkualitas sehingga mampu menyesuaikan diri dengan perubahan.

Anak Usia Dini, termasuk anak TK memiliki karakteristik perkembangan fisik dan psikologis yang khas. Secara teoritis anak usia dini berada dalam masa keemasan, dimana anak mulai peka untuk menerima berbagai stimulasi dari lingkungannya baik disengaja maupun tidak disengaja. Pada masa peka inilah terjadi pematangan fungsi-fungsi fisik dan psikis sehingga anak siap merespon setiap stimulasi dari lingkungan dan berbagai upaya pendidikan. Selain itu masa usia dini merupakan pondasi awal bagi pertumbuhan dan perkembangan selanjutnya, sehingga diperlukan layanan pendidikan yang sesuai agar mereka dapat tumbuh dan berkembang secara optimal.

Mahalnya biaya pendidikan sehingga masyarakat cenderung mengabaikan pendidikan pra sekolah ini, alasannya tidak lain adalah karena tidak adanya biaya. TKIT dan TPA Daarul Qiro’ah hadir untuk memenuhi dan melayani kebutuhan masyarakat dibidang pendidikan yang murah tapi berkualitas, melalui penerapan pendekatan belajar “Active & Happy Learning”. Artinya siswa dapat bermain sambil belajar atau belajar seraya bermain, sehingga siswa dapat mengeksprolasi dirinya, menemukan dan memanfaatkan kemampuannya.

TUJUAN PENDIDIKAN

  1. Membangun landasan bagi berkembangnya potensi siswa agar menjadi insan karima yang bertaqwa kepada Allah SWT. Cakap, kreatif, inovatif, mandiri, disiplin, percaya diri dan bertanggung jawab.
  2. Mengembangkan potensi kecerdasan spiritual, intelektual, emosional dan sosial para siswa pada masa emas pertumbuhan-nya dalam lingkungan bermain yang edukatif dan menyenangkan.
  3. Membina, menumbuhkan dan mengembang- kan potensi siswa secara optimal sehingga terbentuk prilaku dan kemampuan dasar agar memiliki kesiapan untuk memasuki pendidikan lebih lanjut.

KONSEP DASAR TKIT DAARUL QIRO’AH


TKIT Daarul Qiro’ah menyelenggarakan program pendidikan untuk anak usia dini berdasarkan kurikulum nasional (kurikulum berbasis kompetensi) yang diperkaya dengan sistem pendidikan Islam. Model pendidikan yang berusaha mengintegrasikan antara pendidikan agama dengan pendidikan umum, antara sekolah, keluarga, masyarakat dengan mengoptimalkan bagian kognitif, afektif, psikomotorik dengan harapan peserta didik menjadi manusia yang soleh, cerdas, kreatif, mandiri.

Keterpaduam yang dimaksudkan adalah memadukan nilai-nilai Islam kedalam seluruh proses pendidikan. Ini berarti bahwa semua materi yang diajarkan baik berupa informasi, pengetahuan, nilai, prilaku maupun keterampiran semuanya dirangkai dalam bingkai kaffahnya ajaran dienul Islam. Keterpaduan tersebut meliputi aspek materi, metode pengajaran, lingkungan fisik sekolah, serta adanya aspek keteladanan sebagai wahana efektif pewarisan nilai-nilai.

KOMPETENSI YANG INGIN DICAPAI
Siswa Lulusan diharapkan dapat :

Mencintai Allah dan Rasul-Nya
  • Mulai terbiasa sholat dengan kesadaran
  • Senang mengaji
Berbakti Kepada Orangtua
  • Berkata sopan
  • Tidak membentak atau melawan
  • Mau membantu orangtua
Munculnya potensi diri/ kecerdasan pada masing-masing siswa berdasarkan bakat dan kemampuan.
(Cerdas berbahasa, Cerdas Logika, Cerdas Spasial, Cerdas musikal, Cerdas motorik, Cerdas interpersonal, Cerdas Intrapersonal, Cerdas bersama Alam)

Mengamalkan do’a-do’a harian dan kalimat thoyyibah (kalimat-kalimat yang baik).
  • Hafal do’a-do’a serta maknanya.
  • Terbiasa mengamalkan do’a dan kalimat thoyyibah dalam kehidupannya.
Mengenal konsep dasar Calistung
  • Mengenal huruf dan angka.
  • Dapat membaca minimal 4 suku kata
  • Dapat menghitung angka secara urut maupun acak.
Tumbuhnya kemandirian
  • Siap bersekolah, Dapat merapihkan barang sendiri.
  • Dapat meletakkan sepatu/alas kaki pada tempatnya,
  • Membuang sampah pada tempatnya,
  • Berani tampil atau berbicara,

One Response to "Profil KB & TKIT Daarul Qiro'ah"

Leave a Reply